Judul : Pengaruh Terhadap Perkembangan Design Pemodelan Grafis
Nama : Ghailan Aldi Masyiqi
NPM : 54414502
Kelas : 3IA22
Mata Kuliah : Softskill
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
Perkembangan Desain
Grafis
Pada awalnya,
media desain grafis hanya terbatas pada media cetak (dua dimensi). Namun,
perkembangannya hingga saat ini semakin tidak terbendung, bahkan justru
merambah ke dunia multimedia (diantaranya audio dan video). desain grafis juga
diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain
interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring
perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi
sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Beberapa Software Dalam Desain
Grafis
Perkembangan
software tentunya akan menghasilkan gambar yang mempunyai nilai seni yang
tinggi. Hal ini tentunya tidak terlepas dari penggunaan software. Ada beberapa
software yang digunakan dalam hal desain grafis antara lain :
• Adobe
Photoshop
• Adobe
Illustrator
• Adobe
After Effect
• CorelDraw
• Macromedia
Freehand
• Dll
Pengaruh Kebudayaan dan
Teknologi dalam Membuat Design Pemodelan Grafis
• Pengaruh
Kebudayaan
Kebudayaan
sangat erat hubungannya dengan masyarakat karena kebudayaan merupaka sarana
hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Budaya
digunakan sebagai sumber pemikiran untuk mengambangkan suatu desain
grafis. Dalam pengaruhnya dibidang desain grafis dapat kita lihat dalam
pembuatan kerajinan daerah seperti batik.
• Pengaruh
Teknologi
Dalam hampir dua
dekade ini teknologi komputer telah mempengaruhi perkembangan desain secara
umum, dan desain grafis secara khusus. Secara perlahan dan hampir tidak terbatas,
teknologi yang satu ini mendorong terjadinya banyak perubahan dalam desain
grafis. Bila Anda masih mempunyai majalah, kemasan produk, atau iklan yang
dikeluarkan sekitar enam puluhan, cobalah amati dan bandingkan dengan produk
sejenis yang keluar sekitar dua dasawarsa terakhir, Perubahan telah terjadi di
sana-sini. Sangat jarang kita temui iklan dengan gambar outline dan back ground
satau warna primer seperti yang sering muncul di iklan-iklan cetak enam
puluhan. Halaman-halamn majalah kini menjadi begitu berwarna dengan model,
warna-warna, komposisi yang terasa begitu nyata.
Bidang studi yang berkaitan
dengan desain pemodelan grafis
• Psikologi
Psikologi adalah
sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai
perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang
psikologi disebut para psikologi. Para psikolog berusaha mempelajari peran
fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok, selain juga mempelajari
tentang proses fisiologis dan neurobiologis yang mendasari perilaku. Psikologi
ini berkaitan dengan desain grafis contohnya dalam bidang Psikologi warna.
• Ergonomi
Dikonsentrasikan
lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu
data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan
lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari
alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
• Ilmu
Bahasa
Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai
jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa
barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa
grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya
bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan
digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog
manusia-komputer. Teori komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon,
1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan
antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.
• Sosiologi
Sosiologi dalam
konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer
pada struktur lingkungannya.
• Teknik
Elektronika
Ilmu ini menyediakan
teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara
mengenai komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari
pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga
harus mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan
dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka
perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.
Desain grafis dari segi
Interaksi Manusia dan Komputer
Peranan desain
pemodelan grafik sangatlah penting dalam interkasi manusia dengan komputer atau
dalam istilah bahasa asingnya adalah Human Computer Interaction (HCI) dimana fungsi pemodelan grafik adalah membuat
sesuatu yang dapat mempermudah pengguna atau user baik dalam menjalankan suatu
program agar mudah dimengerti atau membuat sesuatu yang mudah di sentuh, enak
dilihat dan mudah digunakan dan sesuai atau efisien.
Adapun
metode-metode yang dapat digunakan untuk proses interaksi antara manusia dan
computer adalah sebagai berikut:
1. Ergonomi, hubungan manusia dengan mesin/komputer dimana
interaksi tersebut dapat berupa bentuk
fisik
2. Faktor manusia, disini manusia berpihak sebagai user
dimana tugas dari user adalah sebagai pemerintah untuk prosesnya suatu sistem
kerja pada komputer
3. Interaksi antar manusia dan komputer, yah seperti yang
dijelaskan diatas disini harus terdapat sinkronisasi antara manusia dengan
komputer.
4. Kemampuan estetika dari desain grafis adalah peningkatan
yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka
menjadi lebih fleksibel.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar