Judul : Pemodelan Grafis Untuk Game
Nama : Ghailan Aldi Masyiqi
NPM : 54414502
Kelas : 3IA22
Matkul : Desain Pemodelan Grafik
Dosen : Syefani Rahma Deski
1. Pengertian Game
Perkembangan teknologi yang kian pesat melahirkan perangkat-perangkat baru yang mampu untuk menjawab kebutuhan seluruh individu. Perkembangan teknologi ini khususnya yang berhubungan dengan teknologi komputer. Kita bisa melihat bagaimana semakin canggihnya perangkat-perangkat baru yang berbasis komputer saat ini. Hingga yang semula ponsel digunakan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, sekarang ponsel bisa digunakan untuk melakukan banyak hal, ponsel berbasis komputer ini lalu dinamakan ponsel pintar atau lebih populer disebut smartphone.
Yang kami singgung di atas merupakan perkembangan teknologi dalam bentuk fisik atau perangkat keras. Perangkat keras berbasis komputer tidak bisa berdiri dengan sendirinya, kecanggihannya ditopang oleh suatu sistem yang mana sistem tersebut berperan sangat penting terhadap kecanggihan suatu perangkat keras, sistem ini dinamakan perangkat lunak sistem. Kedua teknologi ini disatukan lalu lahirlah suatu perangkat canggih yang dapat membantu aktivitas manusia. Setelah terciptanya perangkat canggih tersebut maka lahirlah program-program pendukung yang bisa berjalan di dalamnya.
Pengertian Game menurut para ahli :
Pengertian Game Menurut Ivan C Sibero
Game merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak dipakai dan dinikmati oleh pengguna media elektronik saat ini.
Pengertian Game Menurut Samuel Henry
Game adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian anak-anak.
Pengertian Game Menurut Fauzia A
Game adalah salah satu bentuk hiburan yang dapat dijadikan sebagai penyegar pikiran dari kepenatan akibat dari padatnya aktivitas sehari-hari.
Pengertian Game Menurut John Naisbitt
Game merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film.
Apa itu Animasi ?
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.
Apabila kita perhatikan penjelasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan animasi, yaitu Objek/ gambar dan alur gerak.
Atau juga Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi.
Apa itu virtual reality ?
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.
Apabila kita perhatikan penjelasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan animasi, yaitu Objek/ gambar dan alur gerak.
Atau juga Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi.
2. Cara pembuatan desain grafis pada games
Ada banyak software desain grafis yang bisa kamu gunakan untuk pembuatan desain grafis pada game. Yang terpopuler dan bahkan sudah menjadi standar dalam industri desain grafis saat ini kebanyakan adalah produk-produk keluaran dari perusahaan Adobe. Contoh software desain yang biasa digunakan dalam kategori vektor ini adalah Adobe Ilustrator dan Corel DRAW. Kamu bisa membuat desain game, logo, karakter animasi, desain brosur, kalender, poster, dan masih banyak lagi, tergantung kesukaan kita.
3. Pembuatan karakter pada Game (gerak tubuh, mimik wajah, pembuatan satu karakter)?
Untuk pembuatan karakter game + gerak tubuh yang membuat karakter bisa bergerak dan mimik wajah supaya karakternya kita bisa tau lagi sedih senang atau gelisah serta pembuatan satu karakter ada buanyak sekale software yang bisa kita gunakan tauu, kalo buat pemula seperti saya mending pake Blender. why menggunakan Blender ??, bukan software 3D yang lain? Karena software ini gratis, tentunya hal ini memudahkan kalian-kalian yang hanya ingin icip-icip sedikit belajar membuat objek 3D. Tapi walaupun gratis, software ini sama powerfullnya dengan 3Ds Max, Maya, ataupun software lainnya.
Cara Membuat :
- Langsung saja. Setelah halaman baru blender terbuka, kita klik objek kotak kemudian tekan tombol Tab (untuk mempelajari shorcut keyboardnya bisa dilihat di sini). Kita andaikan kotak ini adalah badan karakter, sekarang kita membuat tangannya. Tekan angka 1 pada numpad keyboard untuk menampilkan kotak dari depan, dan geser sudut pandang ke kanan untuk menampilkan sisi kanan kotak.
- Klik CTRL+R untuk membuat edge/garis/pertambahan vertex di tengah-tengah kotak. Akan muncul garis berwarna merah muda, klik mouse untuk menetapkan posisi garisnya. Akan muncul garis berwarna oranye yang mengikuti gerakan mouse, klik lagi untuk menetapkan posisinya. (Klik CTRL+Z untuk undo dan CTRL+SHIFT+Z untuk redo)
- Klik Face Select agar bisa mengklik bidang sisi kotak. Klik kotak bagian atas, klik E untuk Extrude, kemudian klik kanan untuk mencegahnya bergerak kemana-mana (TU sudah mengedit pengaturan mouse menjadi klik Kiri pada User Preferences). Geser panah berwarna merah hingga kotak bergeser keluar seperti pada gambar.
- Lakukan ekstrude 2x lagi untuk membuat gambaran tangan. Nah sampai sini kita sudah membuat dasar tangan karakter sebelah kanan. Kita akan membuat yang kiri tanpa mengedit kotak secara manual. Yaitu dengan menggunakan modifer mirror.
Caranya yaitu tekan 1/Viewport Front, kemudian Z/Wireframe, tekan CTRL+R untuk membuat garis pada tengah-tengah kotak. Masuk ke mode Face Select lagi dan seleksi (tekan B) kotak sebelah kiri dan klik Del- Delete Face. - Tekan Z lagi untuk kembali ke mode Solid, sekarang kita bisa melihat kotak telah bolong. Klik ikon tang (modifier) pada tab lanjur kanan halaman blender dan pilih mirror.
- Putar kotak yang menjorok keluar (R), dan resize (S) untuk sedikit mengingatkan diri bahwa objek itu adalah tangan. Kalau sudah kita buat kakinya dengan mengekstrude salah satu kotak yang ada di bagian bawah.
- Ekstrude juga sisi kotak bagian atas untuk membuat kepala.
- Jika ingin memperhalus model bisa menambah edge/menggerakkan vertikel dengan masuk ke mode Vertikel Select. Atau beri modifier subdivision surface.Klik Tab untuk keluar dari edit mode dan melihat sejenak hasilnya. Sekarang tinggal dimodifikasi sendiri.
Pemberian Material/Warna
Pada edit mode, seleksi bagian yang ingin diberi warna (klik dan tekan SHIFT/CTRL untuk menyeleksi lebih banyak bagian). Kemudian klik material > Add a new material slot > Klik Difuse untuk memberi warna.
Untuk mewarnai bagian kotak yang lain caranya juga sama, diseleksi kemudian beri material baru.
Tekan angka 0 pada numpad dan klik render jika ingin merender hasil gambarnya.
Di bawah ini dan tutorial di atas hanyalah contoh untuk karakter yang sangat sederhana sekali. Tentunya pembaca bisa memodifikasi hingga lebih bagus.
Cara pembuatan game Dari : http://32dtutorialgrafis.blogspot.com/2016/02/cara-mudah-membuat-karakter-3d-untuk.html#ixzz4VSOsPhn3
4. Pembuatan Lingkungan pada Sebuah Game ?
Pembuatan lingkungan di game sama saja seperti point no 2 yaitu dengan membuat Desain Grafisnya. biasanya pembuatan lingkungan tersebut dirancang sesuai keinginan si pembuat game yang dibuat nya misalnya saya ingin membuat game hantu pasti saya akan mendesain lingkungan nya dengan property atau keadaan yang menakutkan seperti latar tempatnya lagi di kuburan, terus di pohon ada kuntilanak lagi nyanyi nah seperti itu. Ada banyak macam software yang bisa digunakan untuk membuat desain lingkungannya salah satunya kita bisa menggunakan Blender, sesuai keinginan pembuat Game.
5. Menggabungkan Karakter dan Environment Menjadi Sebuah Game 3D, 4D.
Cara menggabungan Karakter dengan Environment nya kita bisa menggunakan software Unity. Nanti di software tersebut disediakan penggabungan dari bermacam software, contoh kita membuat karakter dan animasi game nya di software Blender sedangkan kita membuat lingkungannya di software Corel Draw nah nanti software tersebut bisa menggabungkan nya sehingga karakter game, animasi game akan menyatu dengan lingkungannya, Karakter yang dibuat pada aplikasi Blender berupa 3D, biasanya untuk membuat game 3D atau 4D juga harus di support dengan software dan haradware dengan spek yang cukup tinggi di karenakan memerlukan grafis dan memori yang besar pada perangkat yang digunakan . untuk game 4D juga biasa digunakan virtual reality yaitu alat optik untuk melihat tampilan animasi seperti nyata ,dengan game yang seperti ini juga kita dapat membuat kepuasan tersendiri.
sumber :
http://32dtutorialgrafis.blogspot.com/2016/02/cara-mudah-membuat-karakter-3d-untuk.html
http://tittiduit.blogspot.co.id/
https://teknojurnal.com/pengertian-virtual-reality-dan-perbedaanya-dengan-augmented-reality/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar